6 Manfaat Sehat Minum Teh Jahe, Meredakan Mual hingga Menurunkan Kolesterol

Jahe dikenal memiliki rasa pedas. Tidak hanya digunakan dalam masakan sebagai aromatik, tetapi rempah-rempah ini juga telah lama digunakan sebagai obat kesehatan untuk kondisi seperti mual dan mabuk perjalanan. Menurut ahli diet Brigitte Zeitlin, jahe memiliki khasiat obat yang bertahan lama, dan minum teh jahe juga dapat memberikan khasiat meringankan.

Jahe berasal dari benua Asia dan berasal dari tumbuhan berbunga dari famili Zingiberaceae. Kebanyakan orang lebih akrab dengan konsep mengkonsumsi akar atau batangnya, yang dapat menambah rasa unik pada berbagai hidangan dan bumbu di berbagai jenis masakan. Sedangkan teh jahe, direndam dalam air mendidih atau dimasukkan ke dalam campuran herbal, sama-sama enak, menenangkan, dan bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Teh Jahe

1. Bantu meringankan mual

Minum teh jahe dapat membantu meringankan gejala mabuk perjalanan, seperti pusing, mual, dan keringat dingin. Namun, penting untuk dicatat bahwa penelitian masih sangat terbatas, dan Anda mungkin menemukan bahwa obat mabuk perjalanan lebih efektif. “Teh jahe juga merupakan terapi umum untuk wanita hamil yang tidak dapat memiliki obat anti-mual standar,” tambah Zeitlin, seperti dilansir dari laman Real Simple. Demikian pula, ekstrak jahe, komponen teh jahe, dapat membantu meredakan mual akibat kemoterapi jika Anda sedang dirawat karena kanker.

2. Mengatasi peradangan tubuh

“Minum teh jahe bisa sangat menenangkan, karena tidak hanya membantu meringankan mual, tetapi juga membantu mengendalikan peradangan dalam tubuh,” kata ahli diet Amy Gorin. “[Ini] karena mengandung zat gingerol dan shogaol.” Penelitian menunjukkan bahwa zat ini dapat membantu mengelola peradangan internal. Selain itu, ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa teh jahe dapat membantu meningkatkan respons kekebalan Anda dan mengurangi hidung tersumbat akibat pilek dan alergi, tambah Zeitlin.

3. Dapat membantu pencernaan

Menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2019 di jurnal Food Science and Nutrition, jahe adalah “agen makanan penting yang memiliki efek karminatif”—yang berarti membantu meredakan gas. Ini juga “menurunkan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, mengurangi kram usus, dan mencegah” gangguan pencernaan, perut kembung, dan kembung. Jahe juga telah terbukti membantu mempercepat pencernaan (atau pengosongan lambung), terutama pada mereka yang berjuang dengan dispepsia (alias gangguan pencernaan).

4. Mengelola kolesterol

Selain itu, mengonsumsi jahe mungkin bermanfaat untuk kadar kolesterol, Gorin menjelaskan. Dalam sebuah penelitian, orang dengan diabetes tipe 2 minum teh hitam dengan kapulaga, kayu manis, jahe, atau kunyit selama dua bulan—dibandingkan teh sendiri. Para sukarelawan yang mengonsumsi rempah-rempah dalam teh mereka melihat efek menguntungkan pada kadar kolesterol “jahat” LDL, dan kolesterol “baik” HDL mereka.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe dapat membantu melindungi dari penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, meredakan mulas, meningkatkan sirkulasi darah, dan mencegah serangan jantung dan pembekuan darah.

6. Berpotensi sebagai penghilang rasa sakit

Penelitian juga menunjukkan bahwa jahe dapat membantu dalam menghilangkan rasa sakit, seperti nyeri lutut yang disebabkan oleh osteoarthritis.

Meskipun Anda dapat dengan mudah menemukan teh celup rasa jahe di toko, Anda juga dapat dengan mudah membuat teh jahe dari awal di rumah dengan air mendidih, irisan akar jahe, perasan lemon segar, dan madu untuk rasa manis yang sehat.

“Minum teh jahe Anda langsung atau dengan lemon, atau nikmati es untuk manfaat yang sama,” kata Zeitlin. “Anda juga bisa menggunakan 8 ons teh jahe tanpa pemanis sebagai dasar cair untuk smoothie Anda.”

Pilihan Anda tidak berhenti pada teh panas atau es biasa. Gunakan untuk menambah rasa pada berbagai hidangan, dari sayuran hingga biji-bijian. “Anda tidak hanya bisa minum teh jahe sendiri, tetapi Anda juga bisa menggunakannya sebagai bahan dasar untuk memasak nasi sehingga Anda mendapatkan sensasi pedas pada hidangan akhir Anda,” tambah Gorin. “Pilihan lain adalah menggunakannya sebagai pengganti kaldu sayuran untuk menumis sayuran.”

Minum teh jahe bisa sangat menenangkan, karena tidak hanya membantu meringankan mual,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.