Kemenperin Buka 5 Lokasi Isoman dengan Konsentrator Oksigen, Ini Detailnya

Kementerian Perindustrian membuka lima lokasi isolasi mandiri atau isoman bagi pasien Covid-19 gejala ringan atau tanpa gejala. Lokasi ini tersebar di lima daerah di Pulau Jawa.

“Fasilitas isolasi terpadu juga berfungsi sebagai sarana penanganan pasien Covid agar dapat ditangani sejak dini dengan baik sehingga mencegah terjadinya perburukan,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan tertulis, Sabtu, 24 Juli 2021.

Lalu di mana saja lokasinya, fasilitas, dan cara mengaksesnya, berikut penjelasan lengkap mengenai hal tersebut:

1. Lokasi

Fasilitas ini tersedia di Balai Diklat Industri (BDI) Jakarta, Wisma Industri Kemenperin di Puncak Bogor, Politeknik Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT) Bandung, BDI Yogyakarta, dan BDI Surabaya.

Masing-masing fasilitas menampung 100 pasien. Sehingga, total kapasitas keseluruhan mencapai 500 pasien. “Ini dapat membantu meringankan beban fasilitas kesehatan, puskesmas, dan rumah sakit rujukan dalam penanganan pasien positif Covid-19,” kata Agus.

2. Fasilitas

Di lokasi ini, pasien sudah dapat kamar, kunjungan dokter dan perawat, hingga obat. Selain itu, lokasi ini juga dilengkapi 300 konsentrator oksigen yang merupakan alat bantu pernafasan bagi pasien dengan gejala ringan dan sedang yang membutuhkan.

Selain itu, lokasinya juga cukup dekat dengan rumah sakit. Sehingga jika ada pasien yang bergejala berat, dapat langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat tersebut.

12 Selanjutnya

3. Cara Mengakses

Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo mengatakan masyarakat sekitar lokasi isoman Kemenperin dapat memanfaatkan fasilitas tersebut. Pertama, mereka harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan pengurus RT dan RW setempat.

Kedua, mereka perlu membawa hasil swab ke lokasi isoman dan kemudian akan diperiksa ulang di sana. “Nantinya apabila sudah lapor dan terverifikasi, bisa diantar oleh Babinsa ke lokasi isoman Kemenperin tersebut,” kata Dody.

4. Perintah Jokowi

Pembukaan lokasi isolasi mandiri ini adalah perintah Presiden Jokowi. Jokowi meminta tiap kementerian dan lembaga untuk menyediakan lokasi isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan.

“Ini baru diperintah kemarin dan kami harap akan segera jalan,” kata Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan perintah tersebut dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, 15 Juli 2021.

5. Rumah Oksigen

Selain lokasi isolasi mandiri ini, Kemenperin juga tengah mendorong pendirian fasilitas-fasilitas isolasi berupa rumah-rumah oksigen. Caranya lewat kerja sama dengan para perusahaan industri, terutama industri-industri non-produsen oksigen tetapi memiliki teknologi penghasil oksigen.

“Ini ditujukan untuk mendekatkan fasilitas isolasi dengan sumber-sumber oksigen sehingga tidak ada kendala suplai oksigen bagi pasien Covid-19,” kata Agus.

Salah satu fasilitas isoman adalah rumah oksigen yang saat ini sedang dibangun di Pulo Gadung, Jakarta Timur. Rumah oksigen ini diinisiasi oleh GoTo (perusahaan merger Gojek dan Tokopedia) dan Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, PT Aneka Gas Industri (Samator Grup), PT Master Steel, Tripatra Engineering, dan Halodoc.

Kemenperin membuka lima lokasi isolasi mandiri atau isoman bagi pasien Covid-19 gejala ringan atau tanpa gejala di lima daerah di Pulau Jawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.