Saat Terjadi Gempa, BMKG Kerap Munculkan Istilah-istilah ini

Gempa bumi adalah fenomena guncangan permukaan bumi yang disebabkan pelepasan energi secara tiba-tiba di litosfer bumi yang akhirnya menciptakan gelombang seismik.

Gempa bumi mempunyai kisaran kekuatan dari yang sangat lemah sampai dengan kekuatan yang sangat keras yang dapat menghancurkansebagian besar suatu wilayah.

Sementara itu di permukaan bumi sendiri, gempa bumi memanifestasikan dirinya berupa getaran yang terkadang bisa menyebabkan perpindahanntanah. Namun, bila episentrum dasar gempa berada di dasar laut maka akan timbul gejala tsunami yang sangat besar.

Ada pula istilah-istilah yang berkaitan dengan gempa bumi, namun tidak banyak orang mengetahui maksud dari istilah-istilah tersebut. Dilansir dari repository.unri.ac.id berikut merupakan pengertian makna dari beberapa istilah yang berkaitan dengan gempa bumi yang jarang dimengerti oleh orang :

1. Gelombang Seismik

Gelombang Seismik adalah getaran pada material bumi yang berjalan melalui bahan penyusun bumi dengan kecepatan yang berbeda-beda. Gelombang Seismik terdiri dari Gelombang Tubuh (Body Wave) dan Gelombang Permukaan (Surface Wave).

2. Episentrum

Episentrum merupakan titik di permukaan bumi yang berada tepat di atas permukaan bumi. Episentrum berlawanan dengan hiposentrum yang menjadi pusat gempa dan terletak di dalam bumi.

3. Magnitudo

Magnitudo gempa adalah hasil pengamatan seismograf berupa ukuran kekuatan gempa bumi, hal itulah yang menggambarkan besarnya energi bumi yang terlepas pada saat gempa terjadi.

4. Skala Ritcher

Skala Richter adalah logaritma dari amplitudo maksimum, yang diukur dalam satuan mikrometer dari rekaman gempa oleh instrumen pengukur gempa yaitu seismometer pada jarak 100 km dari letak gempa terjadi.

PRIMANDA ANDI AKBAR

Pengertian istilah dalam fenomena gempa bumi antara lain Magnitudo dan Skala Richter. Apa artinya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.