Terpopuler Bisnis: Penumpang Pesawat Positif Covid, Aturan Baru Perjalanan

Berita terpopuler ekonomi dan bisnis pada Ahad kemarin, 18 Juli 2021, dimulai dari penumpang pesawat positif Covid tujuan Ternate dijemput satgas dan aturan baru perjalanan yang mewajibkan membawa STRP.

Berikutnya ada berita tentang keputusan pemerintah menambah anggaran subsidi kuota internet dan memperpanjang masa berlakunya hingga akhir tahun ini.

Lalu ada berita tentang Menteri Pariwisata Sandiaga Uno meminta pelaku desa wisata tak putus asa dalam menghadapi pandemi covid dan permintaan maaf dari Menteri Luhut.

Kelima topik tersebut paling banyak menyedot perhatian pembaca di kanal Bisnis Tempo.co. Berikut selengkapnya lima berita bisnis yang trending tersebut:

1. Palsukan PCR, Penumpang Pesawat Positif Covid Tujuan Ternate Dijemput Satgas

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Ternate, melaporkan adanya penumpang maskapai berinisial DW melakukan perjalanan tujuan Jakarta-Ternate, Maluku Utara (Malut) positif COVID-19. DW diduga memalsukan dokumen hasil tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR).

Penumpang pesawat Citilink tersebut berhasil lolos dari pemeriksaan petugas di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, dengan menggunakan data diri istri-nya dan memakai pakaian cadar. Hasil tes PCR milik istri-nya hasil negatif.

Kepala Operasional Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Ternate, Muhammad Arif Gani menuturkan DW merupakan warga Kota Ternate. Arif menceritakan kronologi sebelum DW dijemput satgas. Saat tiba di Bandara Baabullah Ternate, pramugari mendapati DW membuka cadar dan mengganti pakaian kemeja di dalam toilet pesawat.

12345 Selanjutnya

2. Aturan Baru Perjalanan: Wajib Bawa STRP, Warga di Bawah 18 Tahun Dilarang Bepergian

Pemerintah kembali mengatur pengetatan perjalanan jarak jauh atau antar-daerah untuk rute domestik guna menekan pergerakan masyarakat selama Idul Adha 1442 Hijriah. Ketentuan itu termaktub dalam Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 15 tahun 2021.

Dalam aturan tersebut, warga yang diizinkan melakukan perjalanan jarak jauh hanya mereka yang bekerja di sektor esensial serta kritikal atau orang dengan kepentingan mendesak.

“Ini berlaku untuk perjalanan menggunakan transportasi di semua moda maupun untuk kendaraan pribadi,” ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, dalam konferensi pers virtual, Sabtu, 17 Juli 2021.

3. Subsidi Kuota Internet Diperpanjang Hingga Akhir Tahun, Begini Rinciannya

Pemerintah memutuskan menambah anggaran untuk subsidi bantuan kuota internet untuk pelajar dan tenaga pengajar dan memperpanjang masa berlakunya hingga Desember 2021.

“Kami alokasikan (tambahan) Rp 5,54 triliun untuk cover sampai Desember (2021), sehingga totalnya menjadi Rp 8,53 triliun,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi pers Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat, Sabtu petang, 17 Juli 2021.

Sri Mulyani menjelaskan, sasaran bantuan kuota internet itu adalah 38,1 juta siswa dan tenaga pengajar. Adapun teknis kebijakan tengah dibahas dengan kementerian dan lembaga terkait.

Sebelumnya 12345 Selanjutnya

Sebelumnya 12345 Selanjutnya

4. Sandiaga ke Pelaku Desa Wisata: PPKM Darurat Satu Hal yang Sangat Berat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta pelaku usaha di desa wisata terus melakukan adaptasi di masa pandemi Covid-19. Ia meminta para pelaku usaha tidak putus asa di tengah penyebaran virus corona yang terus meluas.

“PPKM darurat ini merupakan satu hal yang sangat berat. Jadi mari kita sama-sama mendukung, kita bisa atasi pandemi Covid-19. Mudah-mudahan Indonesia bisa jadi tujuan wisata kelas dunia dengan fokus ke desa wisata,” ujar Sandiaga dalam webinar Anugerah Desa Wisata 2021, Ahad, 18 Juli 2021.

Sandiaga mengatakan Covid-19 telah memaksa pelaku usaha, termasuk sektor pariwisata, meningkatkan keterampilan, kolaborasi, dan inovasi. Karena itu, kementerian meminta desa wisata berbenah agar lebih siap menerima kunjungan pelancong pasca-pandemi.

Sebelumnya 12345 Selanjutnya

5. Luhut Minta Maaf Bila Penanganan PPKM Darurat Belum Optimal

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta maaf kepada rakyat Indonesia jika Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM Darurat belum optimal.

“Sebagai koordinator PPKM Jawa dan Bali Dari lubuk hati yang paling dalam saya ingin minta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia jika dalam penanganan PPKM Jawa Bali ini masih belum optimal,” ujar dia dalam konferensi pers, Sabtu, 17 Juli 2021.

Luhut mengatakan bersama jajarannya, menteri, dan kepala lembaga akan terus bekerja keras untuk memastikan bahwa penyebaran Covid-19 varian delta bisa diturunkan. Serta, untuk memastikan penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat bisa segera dilakukan.

Berita terkini ekonomi dan bisnis pada Ahad kemarin, 18 Juli 2021, dimulai dari penumpang pesawat positif Covid tujuan Ternate dijemput satgas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.